Membuat Animasi pada Scratch Step by Step

Langkah-Langkah Membuat Animasi Scratch

Assalamuaikum wr. wb. pada postingan pertama saya ini, saya akan menjelaskan mengenai pembuatan animasi pada salah satu aplikasi bahasa pemrograman yang cukup sederhana, yaitu Scratch versi terbaru. Scratch sendiri muncul pada mata pelajaran algoritma pemrograman khususnya pada saat praktikum di Universitas Gunadarma.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan menampilkan tutorial bagaimana membuat contoh animasi pada aplikasi scratch ini yang sederhana, langkah demi langkah.

Untuk membuatnya silahkan perhatikan dan simak langkah-langkah dibawah ini......

   1.  Masukan sprite yang akan digunakan.


   2.   Selanjutnya, masukkan background yang diinginkan dan sesuaikan dengan sprite yang akan digunakan.

   3.    Kemudian untuk sprite yang pertama, buka tab events, masukkan perintah yang akan dijalankan oleh program. Contoh: “when *flag* clicked”


   4.    Setelah itu, Masuk ke tab control, kemudian pilih “forever” untuk membuat sprite         bergerak berulang selamanya.


   5.    Pindahkan sprite ke titik yang akan dilalui pertama kali.


   6.    Masuk ke tab motion dan pilih “move 10 steps” sebagai perintah, maka sprite akan       berjalan 10 langkah dari titik sebelumnya.


   7.    Masih pada tab motion, masukkan perintah “if on edge, bounce”, maka sprite akan       memantul jika sampai di ujung.



   8.    Pada step sebelumnya, sprite belum diperintahkan memantul ke arah mana. Maka         selanjutnya, masukkan perintah “turn 15 degrees”, yang mana sprite akan memutar       15 derajat searah jarum jam.


   9.    Selanjutnya, klik sprite yang kedua. Lakukan cara yang sama pada step 3 dan 4.

   10.  Masuk pada tab motion, kemudian pilih “move 10 steps” sebagai perintah, maka            sprite akan berjalan 10 langkah dari titik semula.


   11. Pindahkan sprite yang kedua ke titik yang akan dilalui selanjutnya. Kemudian               masukkan perintah “glide 1 secs to x(titik yang sekarang) to y(titik yang sekarang)”       maka sprite akan berpindah secara perlahan ke titik yang diperintahkan.


   12. Masukkan perintah “turn 50 degrees” maka sprite akan berputar 50 derajat                     berlawanan arah jarum jam.

   13. Selanjutnya pindahkan sprite ke titik berikutnya dan masukan perintah “glide 1 secs     to x(titik yang sekarang) to y(titik yang sekarang)” maka sprite akan berpindah             secara perlahan ke titik yang diperintahkan.


   14. Pindahkan lagi sprite ke titik berikutnya dan masukan perintah “glide 1 secs to x(titik yang sekarang) to y(titik yang sekarang)” maka sprite akan berpindah secara perlahan ke titik yang diperintahkan.


   15.  Animasi akan bergerak sesuai yang telah diperintahkan.


demikian yang bisa saya sampaikan pada postingan blog kali ini, semoga bermanfaat, saya mohon maaf jika terjadi kesalahan kata dan yang lainnya. Jika ada masukan dan komentar dipersilahkan dibawah, Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Puisi Tema Kebangkitan Nasional

Tips dan Trik untuk Menjaga Pita Suara